Uncategorized

INILAH BEBERAPA CARA DAN TIPS YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MERAWAT GIGI BERLUBANG SUPAYA TIDAK SEMAKIN PARAH

Masih banyak orang yang lalai untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Menjaga kebersihan gigi sangatlah penting untuk mencegah dari masalah gigi seperti gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan kondisi dimana lubang pada gigi yang terjadi karena pengikisan bagian luar atau email gigi hingga ke bagian dalam atau dentin. Dimana biasanya disebabkan karena kurangnya kita menjaga kebersihan mulut dan gigi. Juga terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula.  Gigi berlubang dapat terjadi pada orang dewasa bahkan anak-anak. Dimana kita harus memeriksakannya ke dokter gigi dengan penanganan yang berbeda pula. Gigi berlubang pada awal gejala tidak langsung terasa nyeri sehingga sulit ditemukan atau dideteksi. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosok gigi 2 kali sehari. Atau juga selalu menggosok gigi sebelum tidur. Apabila tidak diatasi sesegera mungkin, lubang pada gigi akan bertambah besar dan dapat berisiko.

Penanganan gigi berlubang

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangani gigi berlubang agar tidak semakin parah. Juga disesuaikan dengan kondisi gigi pada masing-masing penderita. Seperti dibawah ini:

  • Tambal gigi ( Filling )

Tambal gigi merupakan salah satu tindakan yang umum dan banyak dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Yang bertujuan agar gigi yang berlubang tidak semakin melebar dan parah. Yaitu dengan cara mengebor bagian gigi yang sudah rusak kemudian baru ditambal menggunakan bahan khusus. Seperti porselen, perak, emas, juga komposit resin.

  • Kurung gigi ( Crown )

Menggunakan bahan yang sama seperti tambal gigi. Namun, perbedaannya pada metode kurung gigi ini dengan cara memasangkan mahkota gigi palsu di atas gigi yang berlubang / rusak. Dengan mengikis dan membuang gigi yang rusak kemudian disisakan sedikit. Sisa gigi yang tidak dihilangkan digunakan sebagai tumpuan gigi palsu.

  • Perawatan akar ( root canal )

Perawatan saluran akar menjadi penanganan bagi penderita gigi berlubang yang sudah parah. Dimana kerusakannya sudah sampai pada bagian akar atau dalam gigi. Penanganan ini tidak memerlukan pencabutan gigi. Namun hanya perawatan untuk memperbaiki kerusakan.

  • Mencabut gigi

Tindakan terakhir ini merupakan pilihan jika kondisi gigi sudah sangat parah. Dimana sakit atau kerusakan gigi sudah tidak bisa dipulihkan kembali. Bekas gigi yang dicabut, dapat dipasang menggunakan gigi palsu. Yang menjadi solusi yang baik untuk mengisi luang pada bekas cabutan sebelumnya.

Konsumsi makanan ini supaya gigi berlubang tidak semakin parah

Bagi kita yang ingin menjaga kesehatan gigi sekaligus mengurangi masalah gigi berlubang. Dapat dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang bagus untuk gigi. Makanan sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk gigi. Kandungan tertentu pada beberapa jenis makanan dapat memperkuat sekaligus menjaga gigi berlubang agar tidak semakin parah. Yang pertama yaitu keju. Mengkonsumsi keju dapat meningkatkan pH oral. Terlebih ketika setelah makan. Kemudian yang kedua yaitu susu dan yogurt. Susu dan yogurt menjadi sumber kalsium yang sangat bagus untuk remineralisasi gigi. Selain itu, juga mengandung pH yang sangat tinggi. Yang ketiga yaitu teh hijau atau hitam. Sifat-sifat tertentu yang dimiliki teh dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan plak gigi. Namun, ketika meminum teh harus diimbangi dengan air putih. Karena teh juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan email gigi menjadi kuning. 

Author

admin@amlak-kabir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *